Berbagai Hak Kekayaan Intelektual Dalam Video Game

Permainan video (video games) dapat dikatakan sebagai sebuah hasil penggabungan dari berbagai macam Hak Kekayaan Intelektual yang ada, terutama pada masa sekarang dimana industri video games berkembang sangat pesat. Ketika kita bermain suatu video game, kita dapat mendengar, melihat, dan merasakan berbagai macam aspek dari video game itu sendiri, seperti suara karakter, musik, sistem gameplay, dan sebagainya.

Hak Kekayaan Intelektual yang terdapat dalam suatu video game itu sendiri merupakan Hak Kekayaan Intelektual yang ada pada umumnya, seperti berikut:

1. Hak Cipta

Dalam Hak Cipta suatu video game terdapat berbagai macam hal yang dilindungi, yaitu:

· Kode Program (source code)

· Karakter-karakter

· Desain kemasan (jika dirilis secara fisik)

· Soundtrack dan Sound Effect

· Koreografi

· Bangunan-Bangunan

· Peta video game tersebut

· Concept Art

· Skenario, Naskah, Dialog, dan Alur Cerita

2. Rahasia Dagang

Yang menjadi rahasia dagang dalam pengembangan video game berupa:

· Daftar pelanggan

· Ketentuan Lisensi

· Kontak Bisnis (publisher, developer)

· Hal-hal berharga lainnya yang berhubungan dengan pengembangan video game tetapi tidak dilindungi oleh Hak Kekayaan Intelektual lain

3. Hak Merek

Merek merupakan identitas dari suatu perusahaan pengembang video game beserta dengan video game yang mereka kembangkan. Contohnya adalah ketika para pelanggan melihat logo perusahaan pengembang video game Ubisoft, maka mereka akan segera mengenali perusahaan dan produk-produk apa saja yang dikembangkan Ubisoft.

4. Hak Paten

Hak Paten merupakan hak yang melindungi sesuatu yang membuat unik dari suatu video game dilihat dari aspek teknis. Contoh dari Hak Paten dalam video game adalah “Pong” yang merupakan video game paling pertama, dipatenkan oleh perusahaan Magnavox Odyssey.

Masing-masing dari Hak Kekayaan Intelektual yang telah disebutkan di atas, ada baiknya didaftarkan terpisah, mulai dari karakter, musik, skrip, dan lainnya. Jika pihak pengembang game juga merupakan pengembang baru yang mereknya belum didaftarkan, maka segera didaftarkan. Hal ini bertujuan untuk melindungi segala aspek yang terdapat dalam video game tersebut dan juga sebagai jaminan perlindungan hukum atas ha-hak anda sebagai pemilik merek dagang.

Tergantung dari jenis video game yang ingin anda kembangkan, mungkin akan ada beberapa Hak Kekayaan Intelektual lain yang perlu anda perhatikan selain yang telah disebutkan di atas, atau bahkan ada yang tidak perlu anda perhatikan (contoh: anda mengembangkan video game tanpa suara).

Recommend0 recommendationsPublished in Legal, Lifestyle, Misc, Tech

Related Articles

Lindungi Rahasia Bisnis Anda dengan Pasal Kerahasiaan dalam Perjanjian Kerja

Saat memulai hubungan kerja antara perusahaan dengan karyawan, perjanjian kerja merupakan dokumen yang menjadi dasar untuk mengatur hubungan kerja tersebut. Di mana, kontrak kerja atau perjanjian kerja ini berfungsi untuk melindungi para pihak, baik perusahaan maupun karyawan itu sendiri karena hak dan kewajiban masing-masing pihak tertulis jelas beserta hal-hal yang dapat mengakhiri hubungan kerja.

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *