Dear Anak Kost, berikut 7 Tips Berhemat Jadi Anak Kost!

Menjadi anak kost pada dasarnya adalah proses untuk menjadi lebih mandiri karena dengan menjadi anak kost kita dituntut untuk mengatur segala sesuatunya sendiri. Masalah yang biasa dihadapi anak kost adalah soal keuangan, kita harus bisa mengelola uang perbulan dengan baik dan bijak untuk memenuhi kehidupan dan keperluan. Nah, berikut ini tips dan trik berhemat ala anak kos.

1. Cari kos dengan harga yang affordable dan free wifi

Semakin jauh tempat kost dari kampus atau kantor, maka kamu membutuhkan biaya tambahan untuk ongkos. Jadi, carilah tempat kost yang strategis atau dekat dengan kampus atau kantor dengan harga yang affordable! Karena selain bisa menghemat ongkos, kita juga bisa menghemat tenaga dan waktu. Juga bisa cari kos yang sudah termasuk Wi-Fi sebab sekarang itu Wi-Fi sudah jadi kebutuhan primer bagi kehidupan anak kost. Maka dari itu, usahakan cari kostan yang sudah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi, jadi kamu bisa hemat kuota bulanan.

2. Manfaatkan promo

Kini sudah ada banyak sekali opsi belanja hemat yang tersedia di sekeliling kita. Salah satunya adalah dengan belanja secara online. Untuk beberapa barang, belanja online jauh lebih hemat dibanding belanja langsung ke supermarket atau ke tempat perbelanjaan. Ini disebabkan karena beberapa toko online mampu mendapatkan deal terendah dengan distributor resmi, sehingga harga barang yang dijual pun jauh di bawah harga pasaran.

Juga buat kalian yang suka belanja online, pasti tahu yang namanya Harbolnas. Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional, dimana ada hari yang telah ditetapkan secara Nasional bahwa periode ini akan ada promo dan diskon besar-besaran di berbagai platform e-commerce di Indonesia.

3. Kerja Part-time

Untuk kalian anak kos kuliahan bisa mencari kerja part time namun tetap harus bisa me-manage waktu dengan baik agar tidak mengganggu waktu kuliah karena dengan kalian part time, kalian bisa mendapat uang tambahan untuk ditabung atau sebagai tambahan untuk travelling. Sekali lagi, bagi kalian yang ingin part time, carilah pekerjaan yang tidak mengganggu waktu kuliah kalian ya.

4. Belajar masak sendiri

Belajar masak sendiri membuat kamu jadi bisa menghemat uang, dan lebih terjamin kebersihannya. Apalagi sekarang jaman makin canggih, tutorial masak banyak sendiri tersedia di internet. Ya, minimal kamu bisa masak nasi sama air dulu deh, jadi kamu tinggal beli lauk di warung, dan engga perlu keluar uang lagi buat beli nasi sama air mineral kan?

5. Nyuci baju sendiri

Jadi anak kost itu engga boleh manja dan males! Kalo kamu dikit-dikit jajan, terus laundry baju, maka uang bulanan yang dikasih orang tua bakal cepat abis dalam sekejap. Belajarlah untuk menjadi mandiri dan disiplin.

6. Stop merokok!

Untuk kalian para perokok aktif, segera berhenti deh ya. Karena rokok itu berbahaya untuk kesehatan. Lagian kan, di setiap bungkus rokok ada peringatannya “Rokok dapat membunuhmu”. Buat kamu yang hobi merokok, berhentilah segera atau minimal kurangi sedikit demi sedikit rokoknya. Rokok itu, selain dapat membahayakan kesehatan, juga membuat boros pengeluaranmu. Dengan kamu tidak merokok, maka kamu akan menjadi sehat dan uang yang tadinya dialokasikan untuk rorok, dapat kamu tabung buat beli yang lain deh!

7. Stop shopping di awal bulan

Bagi anak kost, waktu awal bulan itu adalah waktu yang paling ditunggu, karena kamu dapet kiriman dari orang tua juga gajian. Tapi jangan langsung belanja di mall, maun di Instagram atau website online shop lainnya buat beli barang-barang yang kurang urgent dan kurang perlu untuk saat ini. Agar dipertengahan bulan kamu enggak bakal kelabakan karena dompet makin menipis. Kamu harus lihat lagi list keperluan yang sudah kamu buat sebelumnya. Bukan cuma mahasiswa saja yang bisa mengikuti tips ini. Kamu yang lagi bekerja dan merantau juga bisa banget mencoba tips hemat yang satu ini.

Recommend0 recommendationsPublished in Lifestyle

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *