Bantuan bagi mahasiswa dengan disabilitas

  • Bantuan bagi mahasiswa dengan disabilitas

     Kezia Ratna updated 2 months ago 2Members · 3 Posts
  • Kezia Ratna

    Member
    9 November 2020 at 1:13 pm

    Halo teman-teman, mau bertanya, apakah dalam hal ada mahasiswa yang memiliki disabilitas, apakah universitas memiliki kewajiban untuk menyediakan bantuan, atau itu hanya bersifat anjuran saja?

  • Sidiq Maulana

    Member
    13 November 2020 at 9:55 am

    Halo Ka Kezia, izin menjawab pertanyaannya secara singkat. Apabila kita menyimak ketentuan dalam Pasal 10 poin a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas, maka penyandang disabilitas memiliki hak yaitu :

    a. mendapatkan pendidikan yang bermutu pada satuan pendidikan di semua jenis, jalur, dan jenjang pendidikan secara inklusif dan khusus.

    Manifestasi dari hak tersebut adalah, pemerintah memiliki kewajiban untuk memfasilitasi dan menyelenggarakan pendidikan untuk kaum penyandang disabilitas. Hal ini sebagaimana disbeutkan dalam Pasal 40 ayat (1) dan (2) UU No.8 Tahun 2016 yang berbunyi :

    (1) Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib menyelenggarakan dan/atau memfasilitasi pendidikan untuk Penyandang Disabilitas di setiap jalur, jenis, dan jenjang pendidikan sesuai dengan kewenangannya.

    (2) Penyelenggaraan dan/atau fasilitasi pendidikan untuk Penyandang Disabilitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dalam sistem pendidikan nasional melalui pendidikan inklusif dan pendidikan khusus.

    Maka dari itu, dapat kita simpulkan bahwa universitas memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan pada mahasiswa penyandang disabilitas. Hal ini diwujudkan dengan pemberlakuan pendidikan inklusif bagi kaum penyandang disabilitas dan adanya kewajiban bagi para penyelenggara pendidikan tinggi untuk memfasilitasi pembentukan Unit Layanan Disabilitas (Pasal 42 ayat (2) UU No.8 Tahun 2016) dalam menunjang program pendidikan inklusif tersebut. Kewajiban memberikan bantuan bagi para penyandang disabilitas ini juga ditegaskan lagi dengan adanya kewajiban bagi pemerintah pusat dan daerah untuk memfasilitasi lembaga penyelenggara pendidikan dalam menyediakan akomodasi yang layak bagi kaum penyandang disabilitas (Pasal 43 ayat (1) UU No. 8 Tahun 2016). Demikian jawaban dari saya, mohon koreksi dan tambahan. Terima Kasih. 🙂🙏

    • Kezia Ratna

      Member
      20 November 2020 at 5:02 pm

      Ok, ini agak telat tapi makasih banyak ya Sidiq! Detail banget jawabannya 😀

Log in to reply.

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now