Jual Beli Situs atau Domain

  • Jual Beli Situs atau Domain

     Iradhati Zahra updated 2 months, 2 weeks ago 2Members · 3 Posts
  • Iradhati Zahra

    Member
    27 October 2020 at 10:10 pm

    Halo teman – teman, aku ingin bertanya mengenai jual beli situs atau domain. Pertama, apakah sebenarnya situs dan domain ini merupakan hal yang sama? Kedua, bagaimana regulasi jual beli situs atau domain ini di Indonesia? Terimakasih 🙂

  • Ramos Adi Perisai

    Member
    3 November 2020 at 11:48 am

    Terima kasih atas pertanyaannya, Kak Iradhati. Izinkan saya menjawabnya di sini.

    Terlebih dahulu, saya akan memilah pengertian dari situs dan domain sebab keduanya memiliki pengertian yang berbeda meskipun merupakan satu kesatuan.

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “situs” memiliki arti yang beragam. Situs dapat berarti: 1) Daerah temuan benda-benda purbakala; 2) Tempat yang tersedia untuk lambang suatu inskripsi, atau; 3) Tempat pada suatu papan yang dapat atau tidak dapat dilubangi.

    Saya asumsikan kata “situs” yang Kakak tanyakan dalam pertanyaan ini merujuk kepada “situs” yang berkaitan dengan internet. Sehingga, didapat kata “situs internet” yang, dalam pengertian lebih lanjut, berarti suatu halaman yang berisikan informasi baik berbentuk tulisan, gambar, suara maupun video (idcloudhost.com, 2019).

    Kemudian, menurut KBBI, kata “domain” berarti wilayah, daerah, atau ranah. Apabila berkaitan pula dengan internet, maka didapat kata “domain situs internet” yang berarti alamat dari situs internet itu sendiri. Bila demikian, maka dapat dilihat di dalam Pasal 1 angka 28 Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PTSE) yang berbunyi sebagai berikut:

    “Nama Domain adalah alamat internet penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, dan/atau masyarakat, yang dapat digunakan dalam berkomunikasi melalui internet, yang berupa kode atau susunan karakter yang bersifat unik untuk menunjukkan lokasi tertentu dalam internet”.

    Sebagai contoh, kita memiliki laman internet legalroom.co.id (Legal Room Indonesia). Keseluruhan dari laman Legal Room tersebut, termasuk kata “legalroom.co.id”, adalah apa yang kita sebut sebagai situs internet. Namun, bila hanya kata “legalroom.co.id”, maka itulah yang kita sebut sebagai domain situs internet.

    Dengan demikian, telah jelas bagi kita untuk mengetahui makna dari situs dan domain yang Kakak tanyakan dalam pertanyaan. Lalu, pertanyaan selanjutnya, apakah terdapat dasar hukum mengenai jual-beli situs dan domain ini?

    Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa situs dan domain adalah dua hal yang berbeda, tetapi merupakan satu kesatuan. Sebetulnya, belum ada peraturan khusus yang mengatur perihal jual-beli situs dan domain secara rinci. Karenanya, menurut hemat saya, regulasi yang mengatur jual-beli situs dan domain adalah regulasi dengan ketentuan yang termaktub dalam beberapa peraturan seperti Pasal 1457 s.d. 1460 KUHPer, lalu Pasal 4 dan Pasal 7 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, serta Pasal 1 angka 17 dan Pasal 46 ayat (2) PP PTSE.

    Demikian jawaban yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

  • Iradhati Zahra

    Member
    3 November 2020 at 12:01 pm

    Terimakasih banyak atas jawabannya Ramos, sangat lengkap dan sangat membantuu🙏

Log in to reply.

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now