Negara dan Pengakuan

  • Negara dan Pengakuan

     Sidiq Maulana updated 2 months, 2 weeks ago 2Members · 3 Posts
  • Sidiq Maulana

    Member
    28 October 2020 at 1:27 pm

    Halo rekan-rekan dan kaka-kaka. Izin bertanya, mengenai apakah sebenarnya proklamasi kemerdekaan suatu negara secara unilateral dapat dibenarkan dalam Hukum Internasional ? Dan apakah prinsip right to self determination dapat dijadikan dasar terbentuknya suatu negara ? Berikut contoh kasusnya.

    Terdapat sebuah negara Federasi bernama negara Federasi Parkland. Negara Parkland ini memiliki negara bagian yang bernama negara bagian Sudland. Karena ketidakadilan dan penindasan yang dilakukan oleh negara Parkland selama bertahun-tahun, negara Sudland akhirnya dengan dukungan seluruh rakyat setempat memproklamirkan kemerdekaannya. Tindakan ini tidak diakui oleh negara Parkland yang langsung mengirim angkatan bersenjata ke wilayah Sudland untuk mengembalikan kedaulatannya. Namun, proklamasi negara Sudland ini diakui oleh 50 dari sekitar 190 negara anggota PBB. Kelima puluh negara ini pula mengecam tindakan pengiriman angkatan bersenjata oleh Parkland dimana mereka mendesak PBB mengeluarkan resolusi yang mengutuk tindakan negara Parkland karena dianggap melanggar prinsip right to self-determination dalam Hukum Internasional. Di sisi lain, berbekal pengakuan 50 negara tadi, negara Sudland bersiap untuk mendaftar menjadi negara anggota PBB. Namun, negara Federasi Parkland yang merupakan anggota tetap DK PBB siap memveto tindakan tersebut apabila memang pendaftaran tersebut benar dilaksanakan.

  • Joy Henri Mangapul

    Member
    28 October 2020 at 2:43 pm

    Halo Sidiq, selamat siang. Untuk pertanyaan ini, pertama-tama kita harus memahami syarat-syarat negara dalam Konvensi Montevideo 1933 dalam Pasal 1, yakni:
    1. Adanya populasi tetap (permanent population);
    2. Adanya wilayah (defined territory);
    3. Adanya pemerintahan (government); dan
    4. Kemampuan berhubungan dengan negara lain (capacity to enter relation with other States).

    Malcolm N. Shaw dalam bukunya, International Law (Cambridge, 2017), menyatakan bahwa prinsip self-determination telah mempengaruhi standar terkait berdirinya sebuah negara. Mahkamah Internasional (International Court of Justice, ICJ), dalam pendapatnya (Advisory Opinion) terkait kemerdekaan Kosovo (Accordance with International Law of the Unilateral Declaration
    of Independence in Respect of Kosovo, Advisory Opinion,
    I.C.J. Reports 2010, p. 403), menyatakan bahwa pernyataan kemerdekaan suatu negara bukan merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional, meski hukum internasional juga mengakui adanya prinsip keutuhan wilayah (territorial integrity), namun hal tersebut dibatasi hanya dalam konteks hubungan antar negara (para. 80). Konteks penindasan juga menjadi alasan pembenar bagi adanya suatu pernyataan atau deklarasi kemerdekaan, yang mana konteks ini menjadi relevan jika melihat fenomena dekolonisasi di abad ke-20.

    Dalam kasus deklarasi Sudland ini, sebenarnya keempat syarat eksistensi suatu negara sudah terpenuhi. Selain itu, meski Parkland merupakan negara anggota Dewan Keamanan PBB tetap dan dapat melakukan hak veto terkait masuknya Sudland ke dalam keanggotaan PBB, namun deklarasi kemerdekaannya sendiri tidak melanggar hukum internasional. Situasi ini juga dihadapi oleh Kosovo yang belum menjadi anggota PBB, yang salah satu penyebabnya adalah faktor penolakan oleh Rusia dalam pengakuan Kosovo sebagai negara yang memisahkan diri dari Serbia (Malcolm Shaw, International Law, halaman 186). Hanya saja, keanggotaan PBB bukanlah syarat berdirinya suatu negara, sehingga faktor tersebut menjadi tidak terlalu relevan. Terlebih, Sudland sudah menjalin hubungan dengan 50 negara lainnya. Hal yang sama juga terjadi pada Kosovo yang diakui oleh lebih dari 100 negara, mayoritas negara Eropa dan Amerika Serikat.

    Kurang lebih begitu penjelasannya, semoga membantu. Terima kasih.

    • Sidiq Maulana

      Member
      30 October 2020 at 6:57 pm

      Baik, Terima Kasih Ka. Sangat membantu dan komprehensif jawabannya 🙂

Log in to reply.

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now