Netflix dan Spotify di e-commerce

  • Netflix dan Spotify di e-commerce

     Iradhati Zahra updated 1 week, 1 day ago 2 Members · 3 Posts
  • Iradhati Zahra

    Member
    8 October 2020 at 12:08 pm

    Apakah berlangganan netflix atau spotify melalui e-commerce termasuk legal atau tidak ya? Dan apa resiko serta konsekuensinya? Terimakasih

  • Gloria Immanuella

    Member
    13 October 2020 at 9:39 am

    Setahuku, akun Netflix atau Spotify yang diperdagangkan lewat platform e-commerce biasanya merupakan akun free trial, jadi mereka menjual “jasa” membuatkan akun baru yang masih mempunyai kesempatan untuk dapat mencoba fitur premium/akses selama 1 bulan secara gratis. Kalau kasusnya seperti ini, alih-alih ilegal, hal ini memanfaatkan celah dari prosedur yang ada.
    Maka dari itu, risiko dan konsekuensinya pun bukan sanksi hukum, melainkan pembatasan teknis. Akun premium Spotify atau akun berlangganan Netflix yang sudah lewat dari satu bulan tidak bisa diperpanjang dan akan berada pada situasi “on-hold” atau ditangguhkan. Hal ini hanya bisa diatasi jika pemilik akun membayar tagihan secara normal.
    Namun jika kasusnya berbeda dan ada pihak yang memiliki kapabilitas untuk meretas platform berlangganan tersebut, inilah yang dianggap sebagai pelanggaran hukum. Konsekuensinya bisa diterapkan dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan masing-masing platform, misal: diblokir dari platform, akun ditangguhkan, email dan nomor telepon di-blacklist, dsb. Hal ini lebih banyak diterapkan daripada dibawa ke arah litigasi karena jangkauan penggunaan platform bersifat global dan akan sulit untuk memprosesnya satu-persatu.

  • Iradhati Zahra

    Member
    14 October 2020 at 10:58 am

    terimakasihh yaa atas jawabannya

Log in to reply.

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now