Pembinaan Atlet Junior

  • Pembinaan Atlet Junior

     Kezia Ratna updated 5 months, 3 weeks ago 2 Members · 3 Posts
  • Kezia Ratna

    Member
    26 October 2020 at 4:29 pm

    Dalam UU Ketenagakerjaan, anak (yang berusia 18 tahun) memiliki ketentuan tertentu dalam melakukan pekerjaan. Apakah pembinaan atlet junior, seperti anak-anak PB Djarum Foundation, termasuk melakukan pekerjaan atau tidak?

  • Iradhati Zahra

    Member
    26 October 2020 at 8:59 pm

    Halo Kezia, aku coba bantu jawab yaa. Menurutku, anak – anak di bawah 18 tahun yg dimaksud lebih sesuai dengan definisi olahragawan berdasarkan UU No. 3 Tahun 2005 (UU Sistem Keolahragaan Nasional) dibandingkan dengan UU Ketenagakerjaan.

    Dalam UU Ketenagakerjaan, definisi dari tenaga kerja sendiri adalah mereka yg bekerja menghasilka barang/jasa untuk kebutuhan diri sendiri/masyarakat (Ps. 1 Angka 2). Sedangkan di dalam UU Sistem Keolahragaan Nasional, Olahragawan adalah pengolahraga yang mengikuti pelatihan secara teratur dan kejuaraan dengan penuh dedikasi untuk mencapai prestasi.(Ps. 1 Angka 7). Artinya, bisa dilihat dari dua pasal ini bahwa tujuan dari pelatihan tersebut lebih sesuai dengan definisi olahragawan dibandingkan tenaga kerja (terlepas dari usia di bawah 18 tahun)

    Selain itu, program pelatihan/olahraga yg diikuti oleh anak-anak tersebut dapat dikategorikan sebaga Olahraga Prestasi. Menurut Pasal 20 UU Sistem Keolahragaan Nasional, olahraga prestasi ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan potensi olahragawan dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Dengan demikian bisa dilihat bahwa terdapat perbedaan antara menjadi olahragawan untuk menghasilkan prestasi demi negara, dengan tenaga kerja untuk menghasilkan barang/jasa.

    Semoga membantu 🙂


  • Kezia Ratna

    Member
    27 October 2020 at 10:57 am

    oke, makasih jawabannya Iraaa

Log in to reply.

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now
Kami ingin memberikan pemberitahuan untuk Kelas dan Info-info terbaru di legalroom.
Dismiss
Allow Notifications