Perkosaan

  • Perkosaan

     Ramos Adi Perisai updated 5 months, 4 weeks ago 2 Members · 2 Posts
  • Dimas Alfredo

    Member
    23 October 2020 at 11:59 am

    Ketika seseorang dalam keadaan mabuk (pria dan wanita), kemudian salah satu pihak baik pria atau wanita menginisiasi untuk melakukan hubungan seksual, dapatkah dikatakan sebagai pemerkosaan? Mengingat bahwa kejadian terjadi dalam keadaan tidak sadar

  • Ramos Adi Perisai

    Member
    24 October 2020 at 10:24 am

    Izinkan saya menjawab pertanyaan ini. Hubungan seks terjadi ketika di antara pihak yang bersangkutan saling setuju untuk melakukan hubungan seks. Oleh karena itu, jika salah satu pihak menginisiasi hubungan seks dan pihak yang lain tidak menyetujui hal tersebut, maka dalam hal ini terjadilah pemerkosaan.

    Terlebih dahulu, saya akan mempersonifikasikan pihak yang “dalam keadaan mabuk” sebagai figur A dan pihak yang “menginisiasi hubungan seks” sebagai figur B.

    Berdasarkan pertanyaan yang Anda ajukan, maka konteks pemerkosaan dari peristiwa itu bergantung kepada konsensualitas (persetujuaan) si A. Jika sedari awal A tidak menginginkan hubungan seks yang diinisiasi oleh B, dan kemudian mereka berhubungan seks, maka tindakan B dikategorikan sebagai tindak pemerkosaan.

    Lantas, apakah jika pihak A sedari awal memang menginginkan hubungan seks, maka kemudian tindakan B tidak dikategorikan sebagai tindak pemerkosaan? Belum tentu. Salah satu sifat dari konsensual adalah dapat berubah (reversible). Jika A pada awalnya ingin berhubungan seks, kemudian ia dalam keadaan mabuk, tidak menutup kemungkinan bahwa selanjutnya ia tidak menginginkan hubungan seks, tetapi ia tidak berdaya untuk mengungkapkan hal tersebut. Dan bila B menginisiasi hubungan seks tersebut tanpa persetujuan dari A, maka B melakukan tindak pemerkosaan.

    Pada akhirnya, apakah suatu hubungan seks itu termasuk ke dalam tindak pemerkosaan atau bukan bergantung kepada konsesual dari masing-masing pihak. Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Log in to reply.

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now
Kami ingin memberikan pemberitahuan untuk Kelas dan Info-info terbaru di legalroom.
Dismiss
Allow Notifications