platform online course

  • platform online course

     Iradhati Zahra updated 2 months, 2 weeks ago 2Members · 3 Posts
  • Iradhati Zahra

    Member
    3 November 2020 at 10:59 am

    Halo izin bertanya, sebenarnya apakah platform -platform online course dapat dikategorikan sebagai sistem pendidikan yang sesuai dgn hukum di Indonesia? Sebab, beberapa platform memberikan sertifikat jika telah menyelesaikan paket kursus yang diambil. Terimakasihh 🙂

  • Ramos Adi Perisai

    Member
    3 November 2020 at 2:41 pm

    Terima kasih atas pertanyaannya, Kak Iradhati. Izinkan saya menjawabnya di sini.

    Terlebih dahulu, kita harus mengetahui bagaimana metode dan hasil dari platform online course yang Kakak tanyakan tersebut. Menurut hemat saya, secara garis besar, platform-platform itu memiliki misi untuk mengembangkan kemampuan dalam diri setiap penggunanya. Sebagai contoh, platform A yang bergerak dalam ranah edtech (education technology) memiliki misi untuk mencerdaskan para penggunanya di dalam mempelajari materi-materi sekolah pada berbagai jenjang. Atau, platform B yang bergerak dalam pembinaan para pencari kerja yang memiliki misi untuk meningkatkan kapasitas diri dan memperbanyak kemampuan baru yang sesuai dengan permintaan pasar. Melihat perkembangannya hingga saat ini, keseluruhan platform tersebut tersedia dan dapat diakses secara daring, serta, untuk beberapa kasus, memberikan sertifikasi pencapaian bagi para penggunanya yang telah berhasil menyelesaikan kursus yang telah mereka ambil.

    Lantas, apakah platform-platform tersebut sudah sesuai dengan hukum yang ada di Indonesia? Saya berasumsi bahwa frasa “sesuai dengan hukum” dalam pertanyaan Kakak berada dalam konteks apakah platform online course ini memiliki landasan hukum yang riil dan keabsahan eksistensinya telah sesuai dengan peraturan hukum yang ada di Indonesia. Menurut hemat saya, sepanjang metode pengadaannya dan hasil yang didapat oleh para pesertanya tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku, maka platform online course tersebut sudah dapat dikatakan sesuai dengan hukum yang ada di Indonesia.

    Saya akan mengambil contoh di atas yang menyinggung platform A yang bergerak di bidang edtech. Platform A menggunakan metode pembelajaran jarak jauh dalam setiap sesi pengajaran materi bagi para peserta, dan metodenya dilakukan secara daring dengan aplikasi tertentu. Setiap bidang yang diambil oleh peserta akan terdiri dari beberapa tahapan level dan dibarengi ujian percobaan (tryout) untuk beberapa waktu. Hal-hal seperti ini memiliki kesesuaian dengan, misalnya, butir-butir ketentuan dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

    Apabila di kemudian hari terbukti bahwa pengadaan online course dari platform A ini tidak memiliki izin yang invalid dan/atau memberi imbal akhir berupa sesuatu yang bertentangan dengan Undang-Undang serta peraturan hukum lain di negara Indonesia, maka dapat dikatakan bahwa platform A sudah tidak lagi sesuai dengan hukum yang ada di Indonesia.

    Demikian jawaban yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

  • Iradhati Zahra

    Member
    3 November 2020 at 9:19 pm

    Terimakasih banyak Ramos atas jawabannya, sangat lengkap dan membantu🙏

Log in to reply.

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now