Praktik PKPU

  • Praktik PKPU

     Shafira Sembiring updated 2 months, 3 weeks ago 2Members · 2 Posts
  • Dimas Alfredo

    Member
    28 October 2020 at 1:10 pm

    Dalam UU PKPU disebutkan kalau PKPU dapat dimintakan apabila terdapat 2 investor yang hutangnya tidak mampu dibayarkan oleh suatu perusahaan. Pertanyaannya apakah mungkin apabila hanya ada 1 investor yang hutangnya tidak terbayarkan untuk mengajukan PKPU?

  • Shafira Sembiring

    Member
    31 October 2020 at 11:04 am

    Halo Dimas, saya izin menjawab pertanyaannya yang terkait pengajuan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU). Pada dasarnya, PKPU diatur dalam Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (UU KPKPU), namun definisi PKPU tidak diuraikan secara rinci dalam undang-undang tersebut.

    Akan tetapi, jika mengacu pada Pasal 222 ayat (2) dan (3) UU KPKPU, PKPU adalah suatu cara yang diupayakan oleh Debitor dan Kreditor yang menilai bahwa Debitor tidak dapat melanjutkan pembayaran utang yang sudah jatuh waktu dan dapat ditagih kepada Kreditor, dengan maksud agar terdapat rencana perdamaian (tawaran pembayaran sebagian atau seluruh utang kepada Kreditor). PKPU ditujukan agar Debitur yang sedang mengalami kesulitan dalam pembayaran utang tetap dapat menjalankan kegiatan usahanya dan menghindari kepailitan.

    Permohonan PKPU dapat diajukan oleh Debitor yang mempunyai lebih dari 1 (satu) Kreditor atau oleh Kreditor (Pasal 222 ayat (1) UU KPKPU) kepada Pengadilan yang daerah hukumnya meliputi kedudukan hukum Debitor (Pasal 224 ayat (1) UU KPKPU). Salah satu persyaratan PKPU adalah keadaan dimana Debitor memiliki utang kepada lebih dari (1) satu Kreditor dan dinilai tidak mampu melanjutkan pembayaran utangnya dan harus dibuktikan oleh pihak yang mengajukan permohonan PKPU. Adapun permohonan PKPU yang diajukan oleh Kreditor dapat dilakukan oleh 1 (satu) Kreditor dengan syarat dapat membuktikan adanya Kreditor lain yang memiliki piutang terhadap Debitor tersebut.

    Mengacu pada pertanyaan Dimas, jika hanya terdapat 1 (satu) investor atau dalam hal ini adalah Kreditor, maka tidak dapat diupayakan PKPU atas utang yang tidak terbayarkan. Hal ini dikarenakan tidak terpenuhinya syarat yang diatur dalam Pasal 222 ayat (1) UU KPKPU. Sekian dari jawaban saya dan semoga dapat bermanfaat.

Log in to reply.

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now