ICJ dan ICC, Serupa Tapi Tak Sama

Mungkin teman – teman pernah mendengar International Court of Justice (ICJ) dan International Criminal Court (ICC) yang seringkali muncul dalam pembahasan hukum internasional, atau mungkin kedua badan ini lebih familiar jika disebut dengan Mahkamah Internasional dan Mahkamah Pidana Internasional. Sebenarnya apa sih kedua badan ini? Secara umum, kedua badan ini adalah pengadilan internasional. Namun, ICJ dan ICC memiliki beberapa perbedaan. Apa aja tuh perbedaannya? trus hubungan mereka dengan PBB tuh apa ya?

Nah, untuk lebih mudahnya, kita bisa melihat tabel perbedaan singkat antara ICJ dan ICC di bawah ini!

ICJ ICC
Dasar Hukum ICJ berdiri berdasarkan Statuta ICJ

Berdiri berdasarkan Statuta Roma

Mulai Berlaku

31 Agustus 1965

1 Juli 2002

Hubungan dengan PBB

Merupakan organ pengadilan yang termasuk bagian dari PBB (Pasal 1)

Bukan bagian dari PBB (independen), karena ICC lahir dari Statuta Roma. Namun, ICC tetap memiliki hubungan dengan PBB misalnya ketika Dewan Keamanan PBB mengajukan suatu perkara kepada Jaksa ICC (Pasal 13 (b) Statuta Roma)

Yurisdiksi
  • Mengadili Negara Pihak (state parties) yang bersengketa – Pasal 34 (1) ;
  • Mengadili sengketa yang berkaitan dengan hukum publik internasional – Pasal 34 (2)
  • Mengadili pelanggaran 4 jenis pelanggaran HAM Berat (Pasal 5), yaitu: Genosida; kejahatan terhadap kemanusiaan; kejahatan perang; agresi
  • Mengadili individu yang melakukan tindak pidana sesuai dengan Pasal 5 Statuta Roma (Pasal 25)
Output

Putusan (mengikat) dan Advisory Opinion. Advisory Opinion adalah opini hukum dari majelis hakim mengenai suatu permasalahan, dan tidak bersifat mengikat (Pasal 65)

Putusan (mengikat)

Setelah melihat perbedaan singkat antara ICJ dan ICC, selanjutnya adalah persamaan dari kedua badan pengadilan ini. Tidak banyak persamaan antara ICJ dan ICC, yaitu keduanya terletak di The Hague, Netherlands sebagai lokasi utama. Lalu negara yang ingin mengajukan perkara ke kedua pengadilan ini harus menjadi pihak dalam perjanjian, tepatnya Statuta ICJ dan Statuta Roma. Akan tetapi, berdasarkan Pasal 93 Piagam PBB, negara yang telah menjadi pihak piagam ini secara otomatis juga menjadi pihak dalam Statuta ICJ. Selain itu, kedua pengadilan ini tentu juga bersifat terbuka untuk publik. Artnya, kita bisa mengakses kasus – kasus sudah final atau masih berjalan dengan mengakses situs ICJ dan ICC.

Nah, untuk teman – teman yang ingin tahu lebih lanjut mengenai kedua pengadilan ini bisa akses ke sini yaa!

Recommended1 recommendationPublished in Internasional

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *