Jenis Beton Precast (Pracetak) dan Beberapa Kelebihannya

Seiring berjalannya waktu, beton yang menjadi salah satu material penting untuk konstruksial mulai berkembang dan semakin beragam. Mulai dari beton konvensional sampai dengan beton precast.

Jenis beton yang cukup populer adalah beton precast. Selain praktis, kualitas beton precast ini cukup dapat diandalkan.

Berikut jenis produk beton precast atau pracetak yang ada di Indonesia.

Pagar Panel

Pagar panel atau yang biasa digunakan sebagai pagar pembatas ini biasa dipasang pada lokasi yang luas seperti pabrik ataupun kantor. Untuk harga sangatlah bervariasi, anda bisa cek harga pagar panel beton di precast.my.id

U-Ditch

U-Ditch adalah sebuah jenis beton precast dengan bentuk U yang sudah terkenal baik dan berfungsi untuk mengalirkan air dengan baik dengan cara meresap air hujan ke dalam tanah. Anda juga bisa mengecek harga U Ditch terbaru di dalam precast.my.id

Box Culvert

Jenis beton precast ini tidak hanya digunakan dalam konstruksi saluran pengairan, namun juga lebih condong ke konstruksi saluran air bawah tanah.

Itulah mengapa box culvert lebih sering dikenal sebagai gorong-gorong yang bermanfaat untuk mengalirkan air limbah. Dan precast.my.id juga menyediakan daftar harga box culvert yang bervariasi.

Selain dari ketiga jenis diatas, ada jenis produk beton precast lainnya seperti Paving Block, Pipa Beton RCP, Kanstin dan Road Barrier.

Proses Pembuatan

Pembuatan beton pracetak memerlukan formwork saat pengecoran dilakukan.

Proses dalam pabrik ini juga membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak dibanding pembuatan beton ready-mix secara konvensional.

Selain itu, pembuatan beton precast juga dilakukan secara masal dan berulang.

Kelebihan Beton Precast

Meski penggunaannya jauh lebih baru dibandingkan dengan beton konvensional, beton pracetak ternyata memiliki beragam keunggulan yang patut diperhitungkan.

Beberapa keistimewaan beton pracetak di antaranya sebagai berikut:

Lebih hemat waktu dalam proses pengerjaan konstruksi

Kualitasnya lebih baik dan terjamin dengan mutu yang sesuai standar

Penggunaannya praktis dan efisien

Ramah lingkungan dan tidak menimbulkan limbah pada lokasi konstruksi

Menghemat biaya konstruksi karena penggunaannya tidak memakai perancah dan bekisting (material yang menghabiskan biaya besar)

Itulah jenis produk beton precast (pracetak) yang ada di Indonesia. Harapan kami, agar anda bisa membedakan antara beton precast dan konvensional.

Recommend0 recommendationsPublished in Tak Berkategori

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *