Mengenal Apa yang Disebut dengan Online Single Submission

Online Single Submission (OSS) diatur dalam Perpres Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha. OSS adalah sistem perizinan berbasis teknologi informasi yang mengintegrasikan perizinan di daerah dan pusat dalam rangka mempermudah kegiatan usaha di dalam negeri. Kebijakan ini diambil oleh pemerintah sebagai upaya meningkatkan perekonomian nasional melalui pertumbuhan dunia usaha dan menyederhanakan proses perizinan berusaha. Semua jenis usaha dapat memperoleh izin dari OSS. Perizinan berusaha ini diterbitkan atas nama menteri dan pimpinan lembaga atau atas nama gubernur dan bupati atau wali dan diberikan kepada para pelaku usaha melalui sistem elektronik yang telah terintegrasi.

Aturan pelaksanaan OSS tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018. Dengan adanya OSS, pelaku usaha tidak lagi harus mendatangi berbagai K/L atau organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemda untuk mengurus izin berlapis-lapis yang sebelumnya harus diperoleh satu per satu secara bertahap. Melalui cara ini, investor pemohon akan dipandu untuk mengisi berbagai form data yang semuanya diunggah ke sistem secara online setelah petugas memeriksa akta notaris perusahaan. Bahkan jika investor tergolong investor besar, input data biasanya dilakukan oleh petugas. Selain itu, para investor tidak butuh waktu yang lama atau waktu berhari-hari dalam pengajuan dan dalam mengurus untuk izin usaha dan investasi.

Untuk lebih memudahkan, dalam pengajuan izin investasi melalui online single submission ini dapat dilakukan pemantauan secara langsung yaitu kita dapat mengetahui sampai dimana pengurusan izin investasi yang kita ajukan. Apabila terhenti di satu instansi, maka satuan tugas (satgas) di kementerian atau lembaga yang terkait akan melakukan evaluasi.

Untuk dapat melakukan akses pada Online Single Submission ini dibutuhkan beberapa syarat, seperti:

1. Memiliki NIK

NIK yang dibutuhkan dalam hal ini adalah NIK penanggung jawab badan usaha yang bersangkutan.

2. Menyelesaikan Proses Pengesahan Badan Usaha

Hal ini harus dilakukan sebelum melakukan OSS. Pengesahan didapatkan dari Kementerian Hukum dan HAM.

3. Dasar Hukum Pembentukan Usaha

Dengan adanya dasar hukum pembentukan badan usaha menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penggunaan Online Single Submission dapat memberikan beberapa manfaat dalam perizinan dan pendirian, seperti:

1. Mempermudah pengurusan perizinan

OSS akan membantu calon pemilik usaha dalam hal mekanisme pemenuhan komitmen terhadap persyaratan izin atas sebuah usaha.

2. Memfasilitasi pelaku usaha

Dengan adanya OSS, maka pelaku usaha dapat terhubung pada stakeholder sehingga pelaku usaha bisa mendapatkan izin secara lebih cepat dan lebih aman. Selain itu beberapa fasilitas lainnya juga disediakan, misalnya dalam melakukan pelaporan mengenai suatu perizinan. Pada dasarnya, OSS menyediakan fasilitas perizinan yang jauh lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya, ditambah lagi disediakan fasilitas yang berhubungan dengan hal penyimpanan data perizinan. Data perizinan ini akan disimpan dalam satu identitas berusaha atau yang biasa disebut dengan istilah NIB.

Recommend0 recommendationsPublished in Bisnis, Legalku, Tech

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *