Mengulik Resep Rahasia Krabby Patty dari Sisi Hukum

Resep Coca Cola, minuman bersoda yang mendunia tersebut disimpan di lemari besi dan yang bisa membuka hanya 2 orang petinggi di perusahaan yang memproduksi minuman Coca Cola. Sama halnya seperti cerita dalam kartun Spongebob, karena ingin mendapatkan keuntungan yang sama seperti rival bisnisnya Tuan Plankton berusaha mencuri resep rahasia Krabby Patty di Krusty Krab milik Tuan Krab melalui karyawannya namun selalu gagal, karena Rahasia Dagang yaitu resep rahasia tersebut merupakan informasi penting yang tidak boleh diketahui oleh umum, mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha, dan dijaga kerahasiaannya oleh pemiliknya. Bagi pelaku usaha, informasi yang bersifat rahasia sangat berharga untuk keberlangsungan usahanya. Setiap usaha akan selalu memiliki informasi yang bersifat rahasia seperti formula atau resep serta manajemen bisnis dan tentunya termasuk sebagai kategori Rahasia Dagang. Pelaku usaha akan menyadari bahwa pentingnya menjaga Rahasia Dagang yang berharga untuk bisnisnya, karena persaingan yang ketat serta pesaing yang berupaya untuk mendapatkan informasi rahasia tersebut.

Pertama-tama, coba kita kulik dahulu apa itu Rahasia Dagang dan bagaimana perlindungannya dalam hukum Indonesia

Melihat dari Pasal 4 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang, Pemilik Rahasia Dagang memiliki hak untuk menggunakan sendiri Rahasia Dagang yang dimilikinya, memberikan lisensi kepada atau melarang pihak lain untuk menggunakan Rahasia Dagang atau mengungkapkan Rahasia Dagang itu kepada pihak ketiga untuk kepentingan yang bersifat komersial. Ruang Lingkup dari Rahasia Dagang sendiri meliputi metode produksi, metode pengolahan, metode penjualan, atau informasi lain di bidang teknologi dan/atau bisnis yang memiliki nilai ekonomi dan tidak diketahui oleh masyarakat umum.

Pemilik Rahasia Dagang wajib melindungi informasi perusahaan yang mempunyai nilai ekonomi dan bersifat komersial, kewajiban ini timbul akibat adanya hubungan hukum antara satu pihak dengan pihak yang lain seperti contoh perusahaan dengan pegawai atau buruhnya. Ketika mendapatkan kontrak kerja dari perusahaan, biasanya tertera Pasal mengenai informasi Rahasia, fungsi dari hal tersebut adalah agar calon karyawan mengerti dan berjanji untuk tidak membocorkan informasi rahasia milik perusahaan.

Ketika seseorang atau karyawan sengaja membocorkan atau mengingkari kesepakatan tertulis maupun tidak tertulis untuk menjaga Rahasia Dagang dari perusahaan tersebut, maka dapat dikenai sanksi pelanggaran. Didalam Undang-Undang Rahasia Dagang pun diatur, bagi karyawan perusahaan maupun pihak tertentu yang mengungkapkan atau melanggar kesepakatan tersebut, maka dapat dijerat sanksi pidana sesuai Pasal 17 Undang-Undang Rahasia Dagang berupa pidana penjara paling lama 2 tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 300.000.000,00 dan ketentuan ini termasuk delik aduan. Berlakunya perjanjian Rahasia Dagang tersebut tidak diatur jangka waktu, maka karyawan harus tetap menjaga Rahasia Dagang perusahaannya, meskipun perjanjian kerja karyawan tersebut telah berakhir. Sengketa ini dapat diselesaikan di ranah hukum pidana, dan juga dapat diselesaikan menggunakan hukum perdata dimana gugatan diajukan ke Pengadilan Negeri berupa gugatan ganti rugi dan/atau penghentian semua perbuatan.

Bagaimana sih tolak ukur informasi Rahasia Dagang?

Pasal 3 ayat 2 Undang-Undang Rahasia Dagang menyebutkan, tolak ukur informasi tersebut rahasia adalah informasi itu hanya diketahui oleh pihak-pihak tertentu dan tidak diketahui oleh masyarakat. Rahasia Dagang mendapat perlindungan apabila informasi tersebut bersifat rahasia, mempunyai nilai ekonomi, dan dijaga kerahasiaannya melalui upaya yang semestinya. Wujud perlindungannya sendiri berupa Lisensi. Lisensi merupakan izin yang diberikan oleh pemegang Hak Rahasia Dagang kepada pihak lain melalui suatu perjanjian berdasarkan pada pemberian hak ( bukan pengalihan hak ) untuk menikmati manfaat ekonomi dari suatu Rahasia dagang yang diberi perlindungan dalam jangka waktu tertentu dan syarat tertentu. Perlindungan Rahasia Dagang dalam hak kekayaan intelektual memang terlihat berbeda dengan lainnya seperti merek, paten, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu. Rahasia Dagang bisa disebut juga sebagai ide atau kreativitas dari intelektual seseorang yang perlu dilindungi serta penghargaan bagi pemilik Rahasia Dagang tersebut. Namun, tidak semua informasi yang bersifat rahasia mendapat perlindungan dari kekayaan intelektual, bahkan mengkategorikan Rahasia Dagang ini sendiri tidak mudah.

Lalu, wajib tidak mendaftarkan Rahasia Dagang?

Tidak diwajibkan bagi pemilik Rahasia dagang untuk mendaftarkan pada Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, namun agar mendapatkan pengakuan dan pembuktian serta perlindungan hukum mengenai kepemilikan Rahasia Dagang, tentu ada pemilik Rahasia Dagang yang mendaftarkan Rahasia Dagangnya. Akan tetapi, Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang tidak mengatur secara jelas mengenai tata cara pendaftaran Rahasia Dagang. Berbeda dengan pengalihan hak yang wajib dicatatkan, hal ini menjadi tidak konsekuen dengan peraturan yang tidak mewajibkan pendaftaran Rahasia Dagang, karena bersifat rahasia yang tidak boleh diketahui umum oleh pemilik Rahasia Dagang.

Pengalihan Rahasia Dagang dalam Undang-Undang No 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang wajib dicatatkan pada Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM supaya mendapatkan kepastian hukum. Apabila dialihkannya Rahasia Dagang tersebut, bukan hanya para pihak tertentu saja yang mengetahui informasi Rahasia Dagang tersebut akan tetapi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual juga dapat mengetahui tentang Rahasia Dagang yang dialihkan.

Kesimpulannya, resep rahasia maupun Rahasia Dagang lainnya secara otomatis dilindungi oleh hukum karena sifatnya yang rahasia. Dengan begitu, tidak perlu ada pengumuman maupun pendaftaran. Yang perlu dicatatkan hanyalah lisensi atau pemberian hak atas Rahasia Dagang dari pemegang Rahasia Dagang ke pihak lainnya.

Bagaimana jika diterapkan dalam posisi Rahasia Dagang Krusty Krab?

Rahasia Dagang yang dilindungi meliputi metode produksi, metode pengolahan, metode penjualan, atau informasi seputar Krabby Patty yang memiliki nilai ekonomi dan tidak diketahui oleh khalayak umum.

Jika diibaratkan Tuan Krab sebagai pemegang resep rahasia, maka Spongebob merupakan penerima hak atas Rahasia Dagang Krabby Patty untuk jangka waktu tertentu, seperti selama ia menjabat sebagai fry cook di Krusty Krab. Baik Tuan Krab dan Spongebob wajib menjaga melalui upaya sebagaimana mestinya, misalnya ada prosedur baku yang ditetapkan oleh Tuan Krab selaku pemegang Rahasia Dagang.

Apabila Spongebob sebagai karyawan dan penerima hak secara sengaja membocorkan resep rahasia, maka ia dapat dikenakan sanksi pidana berdasarkan aduan dari Tuan Krab. Resep rahasia tersebut dilindungi secara hukum apabila sifat kerahasiaannya terpenuhi. Jika suatu saat resep tersebut akan diungkapkan kepada publik berdasarkan keinginan pemegang Rahasia Dagang, maka saat itu juga resep tersebut tidak dilindungi lagi sebagai Rahasia Dagang.

Recommended2 recommendationsPublished in Bisnis, Legal

Related Articles

Lindungi Rahasia Bisnis Anda dengan Pasal Kerahasiaan dalam Perjanjian Kerja

Saat memulai hubungan kerja antara perusahaan dengan karyawan, perjanjian kerja merupakan dokumen yang menjadi dasar untuk mengatur hubungan kerja tersebut. Di mana, kontrak kerja atau perjanjian kerja ini berfungsi untuk melindungi para pihak, baik perusahaan maupun karyawan itu sendiri karena hak dan kewajiban masing-masing pihak tertulis jelas beserta hal-hal yang dapat mengakhiri hubungan kerja.

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *