Lesson 1 of 8
In Progress

IDEATION

Legalroom Indonesia 17 September 2020

Tahap awal dari sebuah perusahaan startup adalah “ide” namun, terdapat perbedaan pendapat mengenai nilai dari ide tersebut. Sebagian berpendapat bahwa ide sangat berharga dan sebagian lainnya tidak berpandangan sama karena menurutnya yang lebih berharga adalah implementasi atau eksekusinya. Ide ini umumnya harus menjawab suatu masalah.

Jarang terdapat orang yang memiliki ide yang orisinil. Ide akan muncul ketika anda mencari solusi dari sebuah masalah, contoh ketika pendiri Yahoo! Membuat search engine sebenarnya mereka membuat solusi atas masalah dimana terdapat banyak sekali situs baru yang muncul setiap hari. Hal yang harus diutamakan adalah dengan mencari solusi terbaik. Untuk mendapatkan solusi terbaik itu maka dibutuhkan suatu inovasi. Dimana hal yang sulit untuk dilakukan adalah menemukan inovasi.

Dalam mencari masalah tersebut penting untuk agar masalah tersebut merupakan apa yang dirasakan oleh diri Anda pribadi. Apabila masalah tersebut merupakan masalah yang Anda hadapi sendiri maka Anda akan lebih serius dalam mengerjakannya. Di lain sisi apabila itu bukan masalah Anda pribadi maka Anda cenderung tidak akan serius menghadapinya. Hal yang sama apabila itu bukan masalah Anda namun ada peluang bisnis disitu, maka apabila Anda melihat ada peluang yang lebih besar bukankah Anda akan beralih bisnis?

Setelah menemukan masalah maka penting untuk melakukan riset mengenai apakah masalah tersebut sebenarnya sudah memiliki solusi atau belum. Dalam melakukan riset ini maka terdapat kemungkinan juga bahwa solusi sudah pernah dicoba namun gagal tapi ternyata kegagalan itu akibat dari timing yang tidak tepat.

Dalam hal keputusan dalam membangun startup di suatu bidang sudah muncul maka pastikan bahwa Anda dan tim anda adalah yang terbaik. Apabila Anda merasa bukan yang terbaik dalam suatu bidang maka salah satu caranya adalah dengan bermitra dengan pihak yang terbaik tersebut. Dalam hal ini penting bagi Anda dan tim Anda untuk selalu memperbaharui kemampuan masing – masing.Penting bagi Anda untuk mengetahui mengenai seberapa pentingnya timing dalam suatu startup. Menurut Bill Gates timing merupakan faktor paling besar yang akan menentukan kesuksesan dari sebuah startup. Jangan sampai startup Anda berada pada timing yang terlambat atau bahkan terlalu cepat.