Lesson 3 of 8
In Progress

Model Bisnis

Legalroom Indonesia 17 September 2020

Pada model bisnis ini tidak hanya membahas mengenai cara mendapat uang dari pelanggan tetapi juga terkait dengan pihak yang terlibat dalam penjualan produk atau layanan Anda seperti mitra, supplier, dsb. Salah satu tools yang dapat digunakan untuk membahas model bisnis adalah Business Canvas. Kembali pada pembayaran terdapat beberapa model pembayaran diantaranya:

  • Pay as you go;

Pada layanan ini pelanggan akan membayar sesuai dengan penggunaannya. Contoh dari penggunaan model ini adalah pada bisnis jalan tol dan akses internet. Kelemahan dari model ini adalah pelanggan seringkali pelanggan tidak mengetahui berapa biaya yang akan dikeluarkan nantinya. 

  • Subscription;

Subscription atau langganan ini biasa digunakan pada bisnis TV kabel dan langganan koran. Biasanya model ini dibatasi oleh paket tertentu. Metode ini biasa digunakan dalam layanan yang jumlahnya dapat diperkirakan 

  • Pay by advertisement;

Pada model ini maka pelanggan tidak perlu membayar namun ada pihak lain yang akan membayar. Model ini biasa diterapkan di saluran televisi atau radio. Beberapa pihak pernah mencoba menerapkannya di situs web tetapi ternyata belum banyak pihak yang berani membayar untuk beriklan disitu sehingga setingkali biaya iklan tidak bisa memenuhi biaya operasional.

  • Free (gratis).

Dalam hal ini ada juga yang ternyata gratis. Biasanya biaya dapat terakomodasi dari pihak lain seperti pemberi gaji ditempat ia bekerja. Namun muncul tanggapan bahwa sebenarnya beberapa layanan gratis juga memiliki berbayar secara terselubung seperti memunculkan iklan atau menukarnya dengan data pribadi kita.

Hal yang perlu ditekankan adalah tidak satupun model bisnis yang cocok untuk semua.