Lesson 5 of 8
In Progress

Pendanaan

Legalroom Indonesia 17 September 2020

Pendanaan bagi startup merupakan salah satu hal yang penting tetapi bukan yang paling penting. Startup dapat memperoleh pendanaan dari berbagai sumber, diantaranya:

  • Sendiri;

Pendanaan dari diri sendiri adalah yang paling umum digunakan karena memang mungkin orang lain belum memercayai usaha Anda dan tidak mengerti usaha Anda. Salah satu permasalahan dari pendanaan sendiri adalah keterbatasan dana Anda. Bisa jadi usaha Anda membutuhkan 10 orang tapi Anda tidak mampu membiayainya.

  • Angel Investor;

Angel Investor adalah orang lain yang memberikan pendanaan kepada Anda. Mungkin permasalahannya adalah usaha Anda atau bisnis model Anda sehingga Angel Investor ini bisa jadi adalah keluarga Anda atau orang terdekat Anda.

  • Institutionalized Investor;

Sumber pendanaan ini didapatkan dari pihak yang memang pekerjaan utamanya adalah melakukan usaha. Untuk sumber pendanaan ini artinya usaha Anda sudah mulai dipandang dan sudah dianggap serius. Permasalahan yang sering terjadi adalah dana yang ditawarkan adalah dalam bentuk hutang untuk meminimalisir risiko dari investor tersebut.

Hal perlu dicatat adalah dalam hal baru membangun startup maka jangan sampai Anda memulainya dengan hutang walaupun itu dari keluarga atau teman terdekat. Hal ini dikarenakan dalam membangun memang risiko sangat besar sehingga investasi sejatinya adalah berbagi risiko dengan investor.

Bank juga terkadang menjadi sumber pendanaan apabila startup sudah berjalan dan sedang dalam tahap membesarkan usaha. Anda harus berhati – hati apabila mendapat pendanaan dari bank karena umumnya pendanaan bersifat utang dan terdapat niatan untuk menjerat usaha Anda kepada hutang. Untuk menentukan berapa persentase yang dapat diberikan kepada investor atas nilai investasi yang diberikan maka terlebih dahulu harus ditentukan nilai valuasi dari startup. Sifat startup yang belum memiliki track record keuangan yang panjang membuat beberapa pihak menentukan valuasi atas dasar jumlah penggunaan atau potensi penggunaan dari startup tersebut. Permasalahan dari sistem ini adalah belum tentu startup bisa langsung mendapat keuntungan dari para pengguna tersebut. Pelopor dari mekanisme penentuan ini muncul atas logika bahwa dalam hal suatu suatu network telepon hanya terdapat satu orang maka itu tidak akan berfungsi tetapi apabila sudah terdapat 2 orang atau lebih pengguna telepon maka akan muncul nilai yang sejalan dengan bertambahnya jumlah pengguna.