Simon Sinek Start with WHY Book Review


start with WHY merupakan suatu buku revolutioner yang membahas mengenai bagaimana membuat pemimpin untuk membuat insipirasi sesama dan langsung melakukan tindakan yang diharapkan. Artikel ini menjelaskan intisari dari buku START WITH WHY.

.

Buku ini menjelaskan untuk bagaimana kita memberikan tindakan dan pemikiran bagaimana kita bisa memberikan alasan atau aded value sehingga membuat orang bertindak dalam setiap tindakan yang kita lakukan.

Buku ini menjelaskan adanya konsep the golden circle yang menjelaskan bahwa dalam setiap kegiatan atau menjelaskan sautu ide atau gagasan pastikan bagaimana kita mulai dengan memberikan gambaran why atau kenapa adanya gagasan tersebut dan tujuanya. Dengan menjabarkan alasan  supaya pihak lain dapat mengerti dan adanya filosofi dari setiap tindakan kita. Berbeda jika kita menjelaskan dengan apa atau what yang hanya akan memberikan gambaran secara umum tanpa memberikan landasan atau alasan kenapa kita melakukan kegiatan atau tindakan.

Buku ini memberikan gambaran - gambaran mengenai bagaimana perusahaan - perusahaan atau brand yang terkenal dikarenakan mereka melaksanakan usahanya dengan "WHY". Seperti yang dicontohkan South West Airlines Amerika yang dimana merupakan perusahaan pesawat paling bonafide diamerika bahkan setelah kejadian 9/11 yang tetap memiliki pelanggan setia. South West Airlines dapat memberikan WHY melalui visinya yang benar - benar memegang teguh prinsipnya dalam kenyamanan , harga , kualitas dan kepastian yang membuat maskapai tersebut memilikin pelanggan setia dikarenakan visinya untuk membuat industri pengangkutan lebih berkembang.

Pada zaman dahulu dimana maskapai hanya dapat dinikmati oleh orang - orang elit , south west airline hadir untuk memberikan affordable price dengan kenyamanan yang tidak kalah , mereka berfikir untuk memberikan alasan bagaimana cara mengangkut manusia untuk berpergian bukan hanya memberikan gambaran apa saja spesifikasi khusus dan kelebihan - kelebihan yang dimiliki maskapai lain.

Gambaran lainya adalah perusahaan teknologi Apple , yang dimana merupakan perusahaan yang bergerak dengan WHY. Dimana Apple sekarang memiliki pelanggan paling setia dikarenakan Appel menjelaskan dan menjabarkan perusahaanya untuk lebih berbeda dan authentic dengan visinya yakni untuk membuat suatu perusahaan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan manusia dan masyarakatnya. 

Kekuatan dalam WHY dalam buku simon sinek dijelaskan sangat komperhensif yang dimana dijelaskan melalui beberapa contoh kasus. Buku ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang sedang atau ingin belajar mengenai kepemimpinan dan khususnya bagi pimpinan - pimpinan perusahaan agar setiap tindakanya memiliki itikad yang jelas dan diikuti oleh bawahan hingga ke konsumen.

Comments