Tips Aman Bermain Media Sosial

Halo Legalroomates! Balik lagi dengan admin yang siap menemani waktu santai kamu di Legalroom. Ngomongin soal waktu santai, aktivitas apa sih biasanya yang sering kita lakuin pas lagi senggang ? Yap, bermain media sosial. Media sosial di era sekarang ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari nih Legalroomates. Bahkan kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di media sosial terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Media sosial bisa menjadi sekedar pelepas penat dan hiburan di tengah padatnya rutinitas kelas online maupun pekerjaan virtual.

Bermain media sosial tentu merupakan hal yang mengasyikkan dimana kita tetap bisa terhubung dengan dunia luar hanya dengan melalui sentuhan jari di layar smartphone. Secara kasat mata, bermain media sosial terlihat sangat simpel dan relatif aman. Tapi tunggu dulu Legalroomates, bermain media sosial memang sejatinya relatif aman karena sudah ada regulasi dari Pemerintah Republik Indonesia yang mengatur mengenai hal ini khususnya melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik serta Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE 2008 & 2016). Dengan adanya regulasi ini tentu menjadikan kita wajib untuk mematuhi berbagai peraturan yang ada di dalamnya. Terpeleset atau tidak hati-hati sedikit saja bisa bikin kamu terkena sanksi dan hukuman dari UU ITE ini loh ! Oleh karena itu, berikut beberapa tips aman bermain media sosial agar kamu bisa terhindar dari jerat hukuman yang ada. Check this out !

1. Saling Menghormati

Tips yang pertama yaitu kita harus senantiasa menghormati sesama pengguna media sosial lain nih Legalroomates. Layaknya kehidupan di dunia nyata, dunia maya pun termasuk di dalamnya media sosial menuntut kita untuk bisa bertindak sesuai dengan koridor norma dan kaidah yang ada. Oleh karena itu, menjadi penting bagi kita untuk bersikap saling menghormati satu sama lain ketika sedang berinteraksi di media sosial.

2. Hindari Menyebarkan Informasi Yang Belum Pasti

Legalroomates belakangan ini pasti udah familiar banget nih sama istilah hoax. Hoax sendiri secara sederhana bisa kita definisikan sebagai informasi atau berita yang terkonfirmasi tidak benar, salah atau menyesatkan. Nah, berhubung sekarang sering banget nih kita dapet broadcast di grup media sosial yang gak jarang juga meminta untuk disebarkan ulang, Legalroomates lebih baik mengecek terlebih dahulu secara mandiri kebenaran dari informasi tersebut untuk mencegah keterlibatan dalam penyebaran hoax. Jika kita memilih untuk langsung menyebarkan suatu informasi “kabar burung” tersebut dan ternyata di kemudian hari terbukti merupakan hoax, maka kita bisa terjerat Pasal 45A UU ITE 2016 dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

3. Hindari Marah-Marah di Media Sosial

Sebetulnya tidak ada larangan sama sekali bagi kita untuk marah-marah di media sosial, karena hal tersebut merupakan bagian dari kebebasan mengekspresikan diri yang justru memang menjadi tujuan dari adanya media sosial. Namun, seringkali saat sedang emosi kita tidak bisa melakukan kontrol diri dengan baik. Hal ini tak jarang menimbulkan kita melakukan tindakan-tindakan tidak terpuji di media sosial, seperti misalnya melakukan penghinaan atau pencemaran nama baik (Pasal 27 ayat (3) UU ITE 2008), ujaran kebencian (Pasal 28 ayat (2) UU ITE 2008), maupun mengancam seseorang dengan kekerasan (Pasal 29 UU ITE 2008). Hal ini tentu dapat menyebabkan kita terjerat ancaman hukuman dimana tindakan pertama dan kedua diancam dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak 1 Miliar sedangkan tindakan terakhir diancam dengan pidana penjara paling lama 12 tahun dan atau denda paling banyak 2 Miliar (Pasal 45). Oleh karena itu, lebih baik luapkan amarah di tempat lain yaa Legalroomates, bisa misalnya dengan cara berteriak sekencang-kencangnya di tempat yang sunyi seperti yang ada dalam film-film atau dengan cara-cara lain yang lebih aman.

4. Hindari Menyebarkan Data Pribadi Milik Orang Lain

Tips terakhir adalah sebisa mungkin hindari menyebarkan data pribadi milik orang lain tanpa persetujuan dari pihak terkait yaa Legalroomates. Selain karena tidak etis dan tidak sopan, sesuai Pasal 26 ayat (2) UU ITE 2016 tindakan ini juga bisa menyebabkan kamu digugat atas kerugian yang diderita oleh orang yang data pribadinya kamu sebarkan Legalroomates. Daripada nyebarin data pribadi orang lain, mending kita nyebarin informasi positif aja nih Legalroomates seperti misalnya tips kecantikan, memasak, belajar dan lain-lain.

Sekian tips bermain dengan aman di media sosial berdasarkan pengalaman pribadi admin bermain media sosial selama kurang lebih 12 tahun. Semoga dapat bermanfaat yaa Legalroomates ! Kalo kamu ada tips lain, bisa kita diskusikan di Legalroom.co.id.

Referensi

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Recommend0 recommendationsPublished in Tips

Related Articles

Potensi Misinterpretasi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Terhadap Kebebasan Berpendapat Yang Terjamin Dalam UUD 1945 Perihal Pencemaran Nama Baik Melalui Penggunaan Media Sosial di Indonesia 

Oleh: Abigail Donda Putri Jelita, Berliana Tamara Putri, Olwintra Sitorus ABSTRAK Media sosial merupakan bentuk nyata sistem penyaluran informasi dan komunikasi yang sangat digemari masyarakat. Untuk…

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami ingin memberikan pemberitahuan untuk Kelas dan Info-info terbaru di legalroom.
Dismiss
Allow Notifications